Kapan Sebaiknya Anda Beli Asuransi Perjalanan Online?

06.31


Asuransi perjalanan online adalah asuransi yang bisa memberikan penanggungan ketika Anda melakukan perjalanan terutama untuk perjalanan ke luar negeri. Pada umumnya asuransi perjalanan dibagi menjadi dua jenis yaitu asuransi yang menanggung kerugian akibat keterlambatan baik pesawat maupun bagasi, dan asuransi yang memberikan penanggungan ketika terjadi resiko kesehatan dan juga kematian. Di luar itu biasanya perusahaan asuransi juga ada yang memberikan berbagai macam variasi manfaat tambahan seperti misalnya perlindungan terhadap rumah yang ditinggal, barang berharga yang dibawa, dan sebagainya. Agak berbeda dengan asuransi jiwa atau kesehatan, kapan sebaiknya Anda membeli asuransi perjalanan online?

Ketika melakukan perjalanan internasional

Asuransi perjalanan menjadi sangat penting ketika Anda akan melakukan perjalanan ke luar negeri karena biaya yang Anda keluarkan lebih banyak dibanding perjalanan domestik. Dengan adanya asuransi yang menjamin perjalanan internasional Anda, berbagai macam resiko yang terjadi bisa ditanggung oleh asuransi. Seperti misalnya jika Anda terpaksa harus membatalkan perjalanan, ketika pesawat mengalami keterlambatan atau bagasi yang terlambat, ketika Anda dan/atau keluarga sakit, menjadi korban kecelakaan, hingga resiko meninggal dunia. Asuransi perjalanan online akan memberikan santunan sesuai dengan polis.

Segera setelah tiket dibeli

Membeli asuransi perjalanan online lebih awal lebih baik dibandingkan menunggu hingga menjelang tanggal keberangkatan. Disarankan setidaknya Anda membeli asuransi perjalanan seminggu setelah membeli tiket perjalanan meski berangkatnya masih jauh-jauh hari. Hal ini berkaitan dengan tujuan penanggungan asuransi yang hanya memberikan tanggungan  terhadap hal-hal yang tidak terduga. Misalnya Anda hendak melakukan perjalanan ke negara tertentu, kemudian negara tersebut memberikan peringatan akan adanya badai besar kepada publik. Asuransi yang dibeli setelah peringatan tersebut dikeluarkan biasanya tidak bisa diklaim bila terjadi resiko pada perjalanan Anda.

Jika Anda belum punya perlindungan saat perjalanan

Asuransi perjalanan online bisa Anda beli saat Anda belum memiliki penanggungan ketika melakukan perjalanan. Coba cek asuransi yang sudah Anda miliki misalnya asuransi rumah apakah sudah termasuk saat rumah ditinggal atau belum, asuransi mobil Anda juga memberikan perlindungan ketika Anda mengalami kecelakaan di luar negeri atau tidak, demikian juga asuransi jiwa apakah berlaku ketika resiko meninggal dunia terjadi di luar negeri, dan sebagainya. Kartu kredit perjalanan juga biasanya memberikan berbagai macam insentif pertanggungan saat Anda melakukan perjalanan. Jadi, jika belum ada perlindungan perjalanan dalam bentuk apapun, atau ada resiko yang belum ada perlindungannya, asuransi perjalanan online patut untuk Anda miliki.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »