2 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Andrologi

18.54

Jika ginekologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal terkait reproduksi wanita, maka andrologi adalah ilmu yang khusus mempelajari struktur serta fungsi sistem reproduksi pria. Cabang ilmu ini belum lama dikembangkan, yakni dimulai sekitar tahun 1960-an. Jurnal andrologi yang dipublikasikan pertama kali berjudul Jerman Andrologie (sekarang Andrologia), pada tahun 1969. Apa saja yang ada dalam andrologi?

1.  Kasus yang Ditangani dalam Andrologi 

WHO pada tahun 1997 membagi kasus yang ditangani andrologi ke dalam 5 kelompok besar, yaitu infertilitas, disfungsi ereksi, male aging (andropouse), KB Pria, dan hipogonadotropik-hipogonadism. Infertilitas merupakan suatu keadaan tidak terjadi kehamilan setelah 12 bulan berhubungan seksual tanpa pemakaian alat kontrasepsi. Penyebab infertilitas pria, seperti produksi sperma yang tidak normal, faktor genetik, akibat radiasi, dan gangguan hormonal.


Disfungsi ereksi atau yang dikenal impoten adalah ketidakmampuan pria dalam mempertahankan ereksi dari penisnya ketika melakukan hubungan seksual. Penyebabnya beragam, seperti depresi, pola hidup tidak sehat, dan penyakit tertentu. Male aging (andropause) merupakan sindrom kekurangan testosteron dan terjadi pada pria berusia lanjut. Menurunnya testosteran disebabkan menurunnya fungsi bagian otak yang menjadi pengendali produksinya,yakni hipotalamus, hipofisis, dan gonad. 

2.  Ruang Lingkup Andrologi

 
Ruang lingkup andrologi mencakup beberapa hal berikut, yaitu:

Laki-laki pada usia balita dan anak-anak

Perhatian dan kepedulian orang tua terhadap perkembangan organ reproduksi dan seksual anak perlu diberikan. Perhatian terhadap perkembangan gonad anak laki-laki memerlukan konsultasi pada Dokter Spesialis Andrologi untuk mendiagnosisnya.

Laki-laki pada usia Remaja dan Dewasa muda

Pada usia ini, organ reproduksi anak mengalami perkembangan menuju kematangan sekaligus menjadi masa paling riskan. Banyak lelaki remaja dan dewasa muda yang butuh penjelasan yang tepat mengenai kekhawatiran dirinya di masa depan. Dalam hal inilah peran Dokter spesialis Andrologi sangat dibutuhkan.

Laki-laki pada masa Perkawinan dan Reproduksi

Salah satu pendukung dalam keharmonisan rumah tangga adalah sukses atau tidaknya hubungan intim antara suami dengan istri. Berbagai gangguan reproduksi pada pria yang dapat mengganggu hubungan seksual membutuhkan konsultasi dan pengobatan dari Dokter spesialis Andrologi. 

Laki-laki pada Usia Tua

Bukan hanya pada masa produktif, permasalahan reproduksi ketika usia lanjut pun perlu dikonsultasikan dengan Dokter spesialis Andrologi agar mendapat solusinya.

Keluarga Berencana Pria

Siapa bilang keluarga berencana hanya untuk wanita? Pihak pria juga sangat perlu berpartisipasi dalam hal ini. Saat ini tengah dikembangkan KB hormonal yang diperuntukkan bagi pihak pria. Dokter spesialis Andrologi bertugas menyampaikan penjelasan mengenai KB pria yang masih belum umum bagi masyarakat Indonesia.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait Andrologi. Bagi Anda yang mengalami masalah organ reproduksi, Anda bisa datangi langsung KLINIK PANDAWA JAKARTA untuk mendapatkan penanganan medis.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »