5 Tips Bangun Rumah Hemat Dengan Budget Terbatas

05.40

Impian setiap orang pasti sama yakni memiliki rumah sendiri. Terlebih lagi bagi pasangan pengantin baru yang baru saja melangsungkan pernikahan, tentu saja sudah jauh-jauh hari sebelum menikah sudah memiliki impian memiliki rumah baru setelah menikah nanti. Rumah merupakan impian utama yang harus diwujudkan, lalu bagaimana caranya bangun rumah dengan budget pas-pasan dalam waktu dekat? 

Yang menjadi permasalahan pada umumnya ketika ingin segera bangun rumah sendiri adalah dari segi biaya. Apalagi jika setelah melangsungkan pernikahan biayanya sudah dipakai untuk resepsi. Jadi sebisa mungkin kamu harus panda-pandai meminimalisir biaya untuk bangun rumah impian.  Dengan biaya yang minim atau pas-pasan bukan berarti tidak bisa segera membangun dan menunda untuk segera mewujudkan impian.

Dengan membangun sendiri sebenarnya menjadi pilihan yang tepat bagi kamu dibanding harus membeli di developer. Dilihat dari segi harganya membeli di developer jelas lebih mahal, disamping itu kualitasnya masih diragukan karena bahan yang digunakan tidak diketahui dengan detail. Inilah alasan mengapa kamu harus membangun rumah sendiri, menjadi cara yang tepat memiliki rumah impian dengan biaya yang minim. 

Berikut adalah beberapa tips hemat dalam membangun rumah impian yang luar biasa.

Harus pandai-pandai memilih tanah
Tak perlu ditengah-tengah kota, setidaknya sudah dapat dijangkau dengan angkutan umum dan lumayan dekat dengan fasilitas umum lainnya. Disini kepandaian kamu dimanfaatkan untuk memilih tanah mana yang akan dibeli untuk dibangun rumah.
Dengan biaya yang minim ada baiknya jika kamu memilih tanah di pinggiran namun tetap mudah dijangkau dengan fasilitas umum. Karena tanah yang berada dipinggiran memiliki selisih yang lumayan tinggi dengan tanah yang bertempat ditengah kota. 

Memilih desain yang tepat
Hal penting yang wajib dilakukan adalah mempertimbangkan dan memilih desain rumah yang tepat, ini merupakan langkah awal dalam membangun rumah. Jangan sampai salah desain pada bangunan rumah kamu, karena kenyamanan datang dari desain rumah yang dibuat. Hindari memilih desain rumah yang ribet dengan tujuan meminimalisir biaya yang dikeluarkan.

Buat anggaran untuk pembangunan
Sebelum kamu membelanjakan uang anda untuk keperluan pembangunan tidak ada salahnya jika merancang anggaran belanja yang dibutuhkan terlebih dahulu. Dengan seperti ini akan membantu kamu memperkirakan berapa uang yang dibutuhkan untuk bangun rumah impianmu. Walaupun tidak sama persis dengan kenyataannya setidaknya sudah memiliki pandangan berapa kisaran biaya yang dibutuhkan. 

Mengguakan jasa arsitek
Tak masalah harus membayar dengan biaya lebih untuk menghindari kesalahan yang muncul. Kesalahan-kesalahan kecil yang sering terjadi justru akan menguras biaya. Dengan mendiskusikan desain dengan arsitek akan meminimalisir tingkat kesalahan saat proses pembangunan. 

Memilih bahan bangunan yang murah dan berkualitas
Mayoritas anggapan orang semua yang mahal itu sudah pasti berkualitas.  Tidak semua seperti itu, ada juga yang berkualitas dengan harga yang masih bisa dijangkau. Tidak ada salahnya jika kamu berusaha bertanya-tanya kepada yang sudah memilki pengalaman dalam membangun rumah. Agar lebih banyak mendapatkan informasi tentang harga bahan bangunan serta produk apa yang sesuai dengan kantong tanpa harus mengesampingkan kualitas.
Setelah mendapatkan referensi bandingkan harga antara toko satu degan yang lainnya. Karena terkadang setiap toko mematok harga yang berbeda walaupun produknya sama. Apalagi jika menemukan toko tertentu yang memberikan disko pada produk tertentu.

Jadi apalagi yang kamu risaukan untuk segera membengun rumah impian dengan biaya yang minim? Tips di atas dapat membantu untuk segera mewujudkan rumah impian, dengan biaya yang pas-pasan juga bisa bangun rumah yang indah sesuai dengan impian dan harapan keluarga. Bagaimana desain dan seberapa besar ukuran bukan hal yang harus dipermasalahkan yang terpenting kamu dan keluarga kecilmu merasakan kenyamanan ketika di rumah sendiri.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »